RPP

RPP Alat Gerak Manusia dan Hewan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah             :           MIS Sembungjambu
Mata Pelajaran    :           IPA
Tema                    :           Tema 6 (Organ Tubuh Manusia dan Hewan)
Subtema               :           Subtema 2 (Organ Tubuh Manusia dan Hewan)
Kelas/Semester    :           V/I
Materi Pokok       :           Alat Gerak Manusia dan Hewan
Alokasi Waktu     :           1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
         1.1       Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang di anutnya.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah ( memiliki rasa ingi tahu, obyektif, jujur, teliti,
cermat, tekun, hati-hati, bertanggung jawab, terbuka, dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.1       Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Indikator:
3.1.1        Menyebutkan alat gerak manusia dan hewan.
3.1.2        Menyebutkan fungsi alat gerak manusia dan hewan.
3.1.3        Menyebutkan cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

4.1        Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan
Indikator:
4.1.1    Menyajikan model sederhana alat gerak manusia dan hewan.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan proses secara seksama, siswa dapat mengetahui dan menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Macam-macam alat gerak manusia dan hewan.
¡  Fungsi alat gerak manusia dan hewan.
¡  Cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.       Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
2.       Pendekatan        : Saintifik

F.            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Media                    : Gambar alat gerak manusia dan hewan serta video manusia dan hewan sedang bergerak.
2.      Alat/Bahan            : Laptop dan LCD Proyektor.
3.      Sumber Belajar      : Buku Siswa Tema  Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).

G.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ” Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi atau mencoba, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Guru mensosialisasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada tema ini.
§  Siswa diminta mengamati video yang diputarkan dan mencermati bagaimana manusia dan hewan dapat berpindah tempat. (Kegiatan Mengamati)
§  Guru memancing rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan pertanyaan: Bagaimana manusia dan hewan dapat berpindah tempat? Apa yang menyebabkan manusia dapat bergerak?
§  Siswa mengingat kembali pengetahuan tentang alat gerak. (Kegiatan Menanya)
§  Siswa mengamati gambar alat gerak manusia dan hewan dan hewan.
§  Siswa mencari informasi dari berbagai sumber dan dibimbing untuk memahami klasifikasi alat gerak manusia dan hewan. (Kegiatan Eksplorasi)
§  Siswa melakukan diskusi kelas tentang fungsi alat gerak manusia dan hewan serta menuliskan hasilnya pada tabel yang disediakan di buku siswa. ( Kegiatan Mengkomunikasikan)
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Kegiatan Menyimpulkan)
45 menit
Penutup
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H. PENILAIAN
1.      Jenis/teknik penilaian                                : Non-Tes
2.      Bentuk instrumen dan instrumen              : Rubrik Diskusi Kelompok
3.      Pedoman penskoran                                  :

Rubrik Diskusi Kelompok Fungsi Alat Gerak Manusia dan Hewan
Kompetensi yang dinilai:
¡  Pengetahuan siswa tentang fungsi alat gerak manusia dan hewan.
¡  Keterampilan berbicara dan mengungkapkan pendapat
¡  Sikap kerja sama dan tanggung jawab

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Pengetahuan
Semua
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang fungsi
alat gerak manusia dan hewan
berkaitan dan
masuk akal.
Sebagian besar
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi alat gerak manusia dan hewan
berkaitan dan
masuk diakal
Beberapa
pendapat
yang
diberikan
oleh
kelompok
tentang
fungsi alat gerak manusia dan hewan
berkaitan dan
masuk diakal
Hanya sedikit
pendapat yang
diberikan oleh
kelompok
tentang
fungsi alat gerak manusia dan hewan
berkaitan dan
masuk diakal
Sikap
Kerjasama
Seluruh
anggota terlihat
bersungguhsungguh
dalam
berdiskusi dan
mempersiapkan
presentasi
mereka
Beberapa anggota
terlihat
bersungguhsungguh
dalam berdiskusi
dan mempersiapkan
presentasi
mereka
Seluruh anggota
terlihat
bermainmain
namun
masih mau
memperlihatkan
kerja
sama mereka
sekalipun
dalam pengawasan
guru
Seluruh
anggota terus
bermain-main
sekalipun
sudah
berulang kali
diperingatkan
oleh guru.
Ketrampilan
Berbicara
Pengucapan
pendapat secara
keseluruhan
jelas, tidak
menggumam
dan dapat
dimengerti
Pengucapan
pendapat
di beberapa
bagian jelas
dan dapat
dimengerti
Pengucapan
pendapat
tidak begitu
jelas tapi
masih bisa
ditangkap
maksudnya
oleh
pendengar
Pengucapan
pendapat
secara
keseluruhan
betul-betul
tidak jelas,
menggumam
dan tidak
dapat
dimengerti


                                                                              Pekalongan, 1 November 2016
                                                                              Pengembang RPP,



                                                                              N. Maflakhatur Rosyidah
                                                                              NIM. 2023215510

Kisi-kisi media media pembelajaran apa saja yang dapat digunakan untuk mencapai kompetensi yang tertuang dalam RPP di atas secara lebih efektif dan efisien?
No
Indikator
Media yang digunakan
Alasan
1
Menyebutkan alat gerak manusia dan hewan.
Gambar kerangka manusia dan hewan.
Karena anak dapat mengamati langsung dan memberi keterangan dari susunan alat gerak.
2
Menyebutkan fungsi alat gerak manusia dan hewan.

Video manusia dan hewan sedang bergerak seperti berjalan, manusia sedang mengangkat telpon.
1.      Karena Video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat disaksikan secara berulang-ulang.
2.      Karena dapat menghemat waktu pembelajaran dengan cara ditampilkannya video dalam satu atau dua menit anak sudah dapat mengerti mengamati.
3
Menyebutkan cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Poster cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
Karena poster dapat mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku seseorang yang melihatnya,
4
Menyajikan hasil laporan pengamatan alat gerak manusia dan hewan.
Buku dan pensil
Karena dapat digunakan untuk menyusun laporan.

Nama    : N. Maflakhatur Rosyidah
NIM     : 2023215510
Kelas    : L/ PGMI

Tugas    : UTS Makul Teknologi Pendidikan.

UNDUH DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar